Berikut 6 Cara Untuk Membuat Artikel Bagus

Berikut 6 Cara Untuk Membuat Artikel Bagus

Di era media sosial, hampir setiap orang memiliki kemampuan menulis. Mereka menulis kata-kata di halaman profil mereka di media sosial dan memikirkan apa yang harus dikatakan. Dari patah hati hingga cerita, analisis, dan ide yang kompleks. Meskipun hampir semua orang bisa menulis hari ini, tidak semua orang bisa menulis dengan baik.

Sejak saya baru saja memasuki dunia menulis, menulis artikel yang bagus masih sulit bagi saya, jurnalisme lebih tepat. Makanya saya terus mencari referensi yang bisa menjadi panduan menulis saya.

Salah satu referensi yang saya temukan adalah artikel oleh Hannah Frankman untuk misi “Enam Aturan untuk Penulisan Artikel yang Baik”.

Narator Hannah berbicara tentang bagaimana dia menggunakan panduan enam poin ini di setiap artikel. Dan keenam baris ini berada di antara dua elemen terpenting dari artikel bagus, konten / cerita bagus, dan teknik bagus.

Selain itu, menulis artikel bagus menjadi relatif mudah dan kebanyakan orang tidak mengetahuinya. Tetapi tantangannya adalah bagaimana menggunakan teknik menulis yang baik. Teknik inilah yang kemudian menjadi pembeda antara satu cerita dengan lainnya.

Menurut Hannah, artikel yang “jelek” adalah artikel yang sederhana. Anda tidak menyukainya dan Anda tidak ingin saya mengikuti artikel itu sampai selesai.

Hal ini dikarenakan cerita bukanlah cerita yang sulit untuk membangkitkan rasa hormat, kepercayaan, atau bahkan kekaguman bagi penulisnya.

Oleh karena itu, menulis artikel yang baik harus berdampak pada pembaca Anda dan itu sangat berharga karena memiliki nilai yang sangat besar.

Saya tidak mencoba untuk mengembangkan atau mengecilkan puisi Hannah. Untuk keperluan artikel kali ini saya akan menterjemahkannya ke dalam bahasa indonesia agar sobat yang belum paham bahasa inggris akan kesulitan belajar.

Baca Juga :TIPS PENULISAN CV YANG BAIK DAN BENAR

 

Kami masih belajar. Mari belajar bersama untuk membuat konten yang berkualitas dan bermanfaat.Berikut 6 cara untuk menulis artikel yang bagus:

Minimalkan jarak antara pembaca dan cerita dari paragraf pertama

Banyak orang mengabaikan bahwa paragraf pertama sebuah artikel memengaruhi sikap pembaca dalam membaca artikel.
Jika Anda membuka paragraf yang sangat panjang, orang akan merasa tidak tertarik dan kelelahan pada awalnya. Sebenarnya, baca paragraf di bawah ini untuk mendapatkan semua informasi.
Untuk menulis artikel yang bagus, Anda perlu menulis paragraf pendek pertama yang mencapai tujuan Anda.
Satu atau dua kalimat di paragraf pertama sudah cukup menggugah minat baca pembaca. Tunjukkan secara singkat kepada pembaca bahwa artikel Anda dapat membantu mereka.

Persingkat paragraf

Sederhananya, aturan utama menulis adalah membuat semuanya tetap pendek. Nasib para pembaca saat ini yang kebanyakan membaca di smartphone membuat sulit bagi siapa pun untuk mengontrol paragraf yang panjang. Anda akan merasa lelah dan pada titik tertentu Anda tidak lagi tertarik untuk melanjutkan.
Sulit untuk mempersingkat paragraf. Tapi kalau berhasil, menurut saya ada manfaat yang bisa ditawarkan agar pembaca bisa terus menyimak tanpa lelah, paragraf demi paragraf.
Caranya adalah dengan memberikan banyak space atau ruang kosong. Bagi satu paragraf menjadi beberapa kalimat.
Selain itu, terdapat “nafas” pada ide yang disajikan dengan banyak spasi antar paragraf. Tapi jangan mulai menulis kalimat yang sangat pendek tapi tidak bisa dimengerti. Yang terpenting adalah bagaimana menulis paragraf yang menjelaskan maksud dan tujuan secara singkat dan jelas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *